Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah Sekolah Nahkoda Di Semarang

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah

Allow, selamat siang, di kesempatan akan membawa pembahasan tentang sekolah nahkoda di semarang Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah simak selengkapnya 

Home / Politeknik / Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran – PIP Semarang

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah

By 21 Comments

Sebagai perguruan adiluhung yang berstatus BLU, penentuan biaya kuliah atau biaya didikan Politeknik Ilmu Pelayaran – PIP Semarang harus ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan.

Tanggal 2 Juni 2014 Kementerian Keuangan telah menerbitkan anggaran dasar Menkeu No 97/PMK.05/2014 akan bayaran fasilitas Badan Layanan Umum PIP Semarang yang salah satunya memuat Tarif atau biaya didikan Program Diploma IV. Program Studi yang diselenggarakan di PIP Semarang meliputi :

a.Program Studi NAUTIKA

b.Program Studi TEKNIKA

c.Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK)

Seiring dengan diterbitkannya PMK No 54/PMK.05/2016 coplok 5 April 2016 yang merubah PMK sebelumnya, biaya didikan di PIP Semarang mengalami penyesuaian. Peningkatan biaya dialami semua agenda terutama untuk semester 5 s/d 8. Sementara biaya kuliah semester 1 – 4 sedang konsisten sama.

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah

Keringanan Biaya

Terhadap calon definit boleh diberikan bayaran fasilitas sampai dengan sejumlah 0% (nol persen). Taruna definit yang dimaksud terdiri atas:

  1. Taruna dari anak bini bapet (Gakin);
  2. Taruna berprestasi yang berasal dari Indonesia bagian timur;
  3. Taruna dari wilayah tertinggal; dan/atau
  4. Taruna bulan-bulanan bencana.

Pemberian bayaran fasilitas sampai dengan sejumlah 0% (nol persen) dilaksanakan dengan mempertimbangkan ihwal keuangan Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan.

Ketentuan bertambah lanjut mengenai kriteria dan tata cara ikrar bayaran fasilitas kepada calon tertentu diatur oleh Direktur Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan.

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang TA 2016

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah

Biaya Kuliah Politeknik Pelayaran Semarang

[su_spoiler title=”Biaya Kuliah TA 2015″ icon=”plus-square-1″]

Dalam PMK No 97/PMK.05/2014 dicantumkan biaya seleksi Penerimaan Calon Taruna yang meliputi biaya pendaftaran, Kesehatan dan Psikotes. Sedangkan biaya didikan ditetapkan per semester dengan rentangan Rp 710.000 s/d Rp 2.570.000 (Semester 7).

Selain itu komponen biaya lain yang harus dipersiapkan Taruna selama menempuh didikan meliputi biaya semester cepak Rp 350.000/semester dan biaya pelantikan Diploma IV Rp 2.500.000.

Keringanan Biaya

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah
  1. Terhadap calon dari anak bini bapet (Gakin) dan/atau calon berprestasi yang berasal dari Indonesia bagian timur atau wilayah primitif boleh diberikan bayaran sampai dengan sejumlah 0% (nol persen) dari bayaran fasilitas sebagaimana tercantum di Lampiran.
  2. Pemberian bayaran fasilitas sampai dengan sejumlah 0% (nol persen) sebagaimana dimaksud pada artikel (1) dilaksanakan dengan mempertimbangkan ihwal keuangan Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan.
  3. Ketentuan bertambah lanjut mengenai tata aturan ikrar bayaran fasilitas kepada calon dari anak bini bapet (Gakin) dan/atau calon berprestasi yang berasal dari Indonesia bagian timur atau wilayah primitif sebagaimana dimaksud pada artikel (1) diatur oleh Direktur Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan.

Berikut biaya didikan Politeknik Ilmu Pelayaran – PIP Semarang

[/su_spoiler]

Reader Interactions

Sekian detil perihal Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah semoga info ini berfaedah salam

Artikel ini diposting pada kategori , tanggal 03-09-2019, di kutip dari https://biayakuliah.net/biaya-kuliah-politeknik-ilmu-pelayaran-pip-semarang/

Belum ada Komentar untuk "Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran - PIP Semarang | Info Biaya Kuliah Sekolah Nahkoda Di Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel