SEJARAH BERDIRINYA SMP NASIMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN UMAT ISLAM DI KOTA SEMARANG 1997-2009 Sekolah Nasima Semarang
Hallo, selamat malam, pada kali ini akan menjelaskan mengenai sekolah nasima semarang SEJARAH BERDIRINYA SMP NASIMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN UMAT ISLAM DI KOTA SEMARANG 1997-2009 simak selengkapnya
ANI WIDYAWATI , 3101404039 (2010) SEJARAH BERDIRINYA SMP NASIMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN UMAT ISLAM DI KOTA SEMARANG 1997-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview | PDF (SEJARAH BERDIRINYA SMP NASIMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN UMAT ISLAM DI KOTA SEMARANG 1997-2009) - Published Version Download (372Kb) |
Abstract
Perjalanan babad didikan di Indonesia dari masa pra kolonoial sampai era reformasi ini tak bisa dilepaskan dari elemen penting yang disebut agama. Mayoritas masyarakat Indonesia ialah pemeluk agama Islam. Banyak anak buah menyatakan bahwa didikan Islam di Indonesia sama tuanya dengan pertumbuhan dan kelanjutan bani Adam Islam di bumi nusantara. Sebelum tahun 1990an, jenis I kampus umum yang berbasis Islam diminati oleh masyarakat medium ke bawah namun setelah tahun 1990an di banyak metropolis besar di jawa banyak I kampus Islam didirikan dengan tujuan membantu anak bini medium ke atas dengan jenis badan didikan alternatif yang sangat menjanjikan. SMP Nasima ialah salah satu SMP swasta di metropolis Semarang yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Nasima berdiri atas tahun 1997. Keunikan dari SMP ini celah lain; pertama kata “Nasima” yang bergala sebagai identitasnya merupakan kepanjangan dari nasionalis dan agama, berbeda dengan I kampus berbasis Islam atas biasanya yang biasa menggunakan istilah istilah yang familiar di dunia Islam seperti Al Azhar, Hidayatullah, Cahaya Umat dan asing lain, kedua sebagian besar anak didiknya berasal dari golongan medium ke atas merupakan suatu fenomena di luar kewajaran, dan ketiga menerapkan sistem pembelajaran full day school. Permasalahan yang dikaji di penelitian ini ialah (1) Mengapa SMP Nasima didirikan (2) Bagaimana Pengaruh SMP Nasima akan didikan bani Adam Islam di metropolis Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) Sejarah SMP Nasima (2) Pengaruh SMP Nasima akan didikan bani Adam Islam di metropolis Semarang. Penelitian ini menggunaan pendekatan historis, desain pengumpulan data dengan kajian lapangan berupa observasi dan wawancara bersama studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nasima dan metropolis Semarang. Setelah data di kumpulkan , pengujian data dilakukan dengan kritik sumber yaitu dengan menguji keaslian sumber dan membandingkan celah data yang satu dengan yang lain, seperti membandingkan hasil wawancara dengan bukti tertulis. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa SMP Nasima lahir dilatarbelakangi oleh cita cita pendiri yaitu Yusuf Nafi’ atas tahun 1976 atas keprihatinanya melihat ihwal didikan di Indonesia yang dirasa kurang membekali anak ajar dengan kebolehan dan akhlak yang mulia. Pendiri Nasima berharap bisa membentuk generasi Indonesia yang memiliki kompetensi, rasa nasionalisme dan dasar agama yang kuat. Keberadaan SMP ini sedikit banyak menebak memberikan buah bagi bani Adam Islam di metropolis Semarang, hal tersebut bisa dilihat dari aplikasi angka nilai kenasimaan, hasil prestasi akademik yang dicapai, dan persepsi anak buah tua akan pemilihan sekolah. SMP Nasima menebak memulas dunia didikan di metropolis Semarang sejak tahun 1997-2009 dengan angka nilai kenasimaan yang ditawarkan. Kompetensi yang dikembangkan di SMP Nasima melingkupi empat aspek, yaitu (1)kenasimaan (nasionalisme dan agama), (2) eksakta, 3) bahasa/komunikasi dan (4) teknologi informasi. Nilai Nilai angka kenasimaan teraplikasi di lingkungan SMP Nasima di aliran rutinitas dan simbol simbol. Nilai angka kenasimaan belum terinternalisasi di diri setiap civitas akademika SMP Nasima di luar lingkungan I kampus Nasima. Internalisasi angka nilai keagamaan dan nasionalisme ini sangat dipengaruhi oleh ihwal anak bini anak, lingkungan dan teman sepergaulan. Atmosfer eksploitasi dua bahasa belum menjadi sebuah hal yang biasa dilakukan antar sesama warga sekolah. Penggunaan bahasa asing baru diterapkan di small puder dan keywords ketika pembelajaran berlangsung. Tersedianya alat dan teknologi bersama sumber daya dosen sangat kontributif di penggalian dan ekspansi potensi civitas akademika SMP Nasima khususnya peserta didik.Ouput dari ihwal ini dapat dilihat di berbagai prestasi yang diraih oleh SMP Nasima. Penerapan kebijakan wali kelas berdinas di kelas menimbulkan kedekatan emosional celah guru dan peserta didik, hal tersebut memberikan kenyamanan di suasana pembelajaran sehingga kontributif kelanjutan peserta didik. SMP Nasima mengalami kegoncangan di kelanjutan hasil ujian nasional (UAN), secara umum kegoncangan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, celah asing pergantian kurikulum, masa transisi proses-proses pemerolehan sekolah, faktor sumber daya manusia seperti banyaknya guru yang memundurkan diri, managemen bersama strategi di menghadapi ujian nasional. Rata rata anak buah tua wali murid SMP Nasima, memilah SMP Nasima sebagian besar dengan mempertimbangkan angka nilai yang ditawarkan oleh sekolah, pertimbangan biaya, jarak rumah dengan sekolah, alat dan sistem full day school.
Actions (login required)
begitulah penjelasan tentang SEJARAH BERDIRINYA SMP NASIMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN UMAT ISLAM DI KOTA SEMARANG 1997-2009 semoga artikel ini menambah wawasan terima kasih
Artikel ini diposting pada label sekolah nasima semarang, biaya sekolah di sma nasima semarang, biaya sekolah nasima semarang, , tanggal 03-09-2019, di kutip dari https://lib.unnes.ac.id/3776/
Belum ada Komentar untuk "SEJARAH BERDIRINYA SMP NASIMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN UMAT ISLAM DI KOTA SEMARANG 1997-2009 Sekolah Nasima Semarang"
Posting Komentar