Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Sekolah Bisnis Semarang

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Hohoho, selamat pagi, pada kali ini akan membahas mengenai sekolah bisnis semarang Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro simak selengkapnya 

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Informasi Umum
JenjangDIII, S1, S2, S3
Jalur MasukSNMPTN, SBMPTN, UM
Program Studi[1]
  • D3 Akuntansi
  • D3 Perpajakan
  • D3 Manajemen Perusahaan
  • S1 Ilmu Ekonomi dengan Studi Pembangunan
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Ekonomi Islam
  • Magister Ilmu Ekonomi dengan Studi Pembangunan
  • Magister Manajemen
  • Magister Akuntansi
  • Doktor Ilmu Ekonomi
  • Program Pendidikan Internasional
  • Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)



Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro (Hanacaraka: ꦥ꦳ꦏꦸꦭ꧀ꦠꦱ꧀​ꦌꦏꦺꦴꦤꦺꦴꦩꦶꦏ​ꦢꦤ꧀​ꦧꦶꦱ꧀ꦤꦶꦱ꧀​ꦈꦤꦶꦮ꦳ꦼꦂꦱꦶꦠꦱ꧀​ꦢꦶꦥꦺꦴꦤꦼꦒꦺꦴꦫꦺꦴ ) yang menebak berdiri ala copot 14 Maret 1960 adalah salah satu Fakultas di Universitas Diponegoro, Semarang. Sejak copot 21 Juni 2011, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (FE UNDIP) menebak berganti nama menjadi Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP)[2] berdasarkan No. 347/SK/ UN7/2011. FEB UNDIP ada tangga didikan Diploma, Sarjana, Strata 2 Magister dengan Strata 3 Doktor di semua jurusannya. Prorgram Magister terdiri dari Magister Manajemen (berdiri tarikh 1997), Magister Akuntansi (berdiri tarikh 1999) and Magister Ilmu Ekonomi dengan Studi Pembangunan (berdiri tarikh 2000). Program Strata 3 Doktor menebak dibuka ala tarikh 2002. FEB UNDIP lagi memiliki acara profesional yang dinamakan Pendidikan Profesi Akuntansi yang didirikan sejak tarikh 2003[3].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum terbentuk Fakultas Ekonomika dengan Bisnis, yang sedia ala Universitas Diponegoro adalah Akademi Tata Niaga yang merupakan kontinuitas dari Akademi Tata Niaga Universitas Semarang. Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro ala saat berdirinya ada dua arah untuk acara gelar adalah Jurusan Perusahaan dengan Jurusan Umum dengan sistem didikan yang disebut sistem paket. Pada tarikh akademik 1980/1981 sesuai dengan arahan dari Departemen Pendidikan dengan Kebudayaan diterapkan sistem didikan yang anyar disebut sistem kredit. Di bawah sistem yang anyar ini nama arah lagi diubah, adalah masing-masing menjadi Jurusan Manajemen dengan Jurusan Ilmu Ekonomi dengan Studi Pembangunan. Sejak tarikh akademik 1982/1983 dibuka arah anyar adalah arah Akuntansi di bawah bimbingan atau pembinaan Jurusan Akuntansi Universitas Gadjah Mada. Pada tarikh 1986 sudah tidak di bawah pembinaan dari Universitas Gadjah Mada. Program gelar yang sedia di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro adalah Program Sarjana (S1)[4].

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Program Diploma III Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro berasal dari Akademi Administrasi Niaga Negeri (AANN), yang kemudian berubah menjadi Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) ala tarikh 1975. PAAP bersarang dalam Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 77/ SK/PT.09/1983 copot 7 Juli 1983. PAAP selanjutnya berubah lagi menjadi Program Diploma III Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro. Program ini menebak banyak meluluskan Ahli Madya (A.Md.)[5]. Program Diploma III Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro terdapat 3 Program Studi adalah DIII Akuntansi, DIII Perpajakan, dengan DIII Manajemen Perusahaan (Kesekretariatan), sesuai dengan PP. No. 57 tarikh 1998 dengan diperbaharui dengan PP No. 60 tarikh 1999.

Pada copot 04 Juli 1994 berdirilah Program Studi Magister untuk pertama kalinya di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Magister Manajemen Universitas Diponegoro (MM Undip) dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dengan Kebudayaan Nomor: 166/DIKTI/Kep/1994 untuk didikan Pasca Sarjana bernama S2 dalam bidang Studi Manajemen[6]. Menyusul kemudian, Program Studi Magister Akuntansi (Maksi) Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro berdiri berdasarkan Surat Keputusan DIKTI DEPDIKBUD No.135/DIKTI/KEP/1999 copot 14 April 1999, dengan kategori didikan pascasarjana bernama Magister Sains (MSi) dalam bidang bidang akuntansi[7]. Sedangkan Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dengan Studi Pembangunan berdiri atas terbitnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan No. 63/DIKTI/Kep/2000 copot 15 Maret 2000 dengan gelar akademik Magister Sains (MSi) dalam bidang Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan[8].

Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) Undip berdiri Tahun 2002 sampai masa ini dengan Masing-Masing 3 Jurusan diantaranya Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Ilmu Akuntansi, dengan Doktor Ilmu Manajemen[9].

Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro lagi menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntansi. Pasca berlakunya SK Menteri Pendidikan Nasional No.179/U/2001. Gelar Akuntan sekadar bisa disandang akibat seseorang dengan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) (sebelumnya ala otomatis didapat dari lulusan Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Program Studi Akuntansi ala Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi dengan Ujian Nasional Akuntansi/UNA). Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro berdiri ala copot 7 Mei 2003 berdasarkan SK DIKTI angka 945/D/T/2003 dengan Rekomendasi IAI angka 193/KERPPA/IAI/I/03 copot 27 Januari 2003[10].

Program Studi paling anyar di Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro adalah S1 Ekonomi Islam. Pembukaan Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP dengan proses yang cukup panjang dengan dengan tahapan-tahapan pembukaan acara belajar anyar seperti yang menebak diamanatkan akibat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Sedangkan, pertimbangan yang mendasari pengusulan Program Studi Ekonomi Islam ala garis besar sedia dua, adalah faktor internal dengan eksternal. Faktor internal adalah perwujudan visi dengan misi FEB Undip sebagai agen dalam pengembangan IPTEKS di bidang perdagangan dengan bisnis ala masyarakat, pertama masyarakat lingkungannya. Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP lahir merupakan sebagai implementasi pengembangan IPTEKS tersebut. Sedangkan dasar pengusulan ala eksternal adalah permintaan stakeholder/masyarakat terhadap kebutuhan pangkal daya insani yang ada kompetensi dalam bidang Ekonomi Islam. Pembukaan Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP menebak memperolah ijin Keputusan Menteri Pendidikan dengan Kebudayaan RI Nomor 29/E/O/2014 tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Ekonomi Islam Program Sarjana Universitas Diponegoro[11].

Dekan Fakultas[sunting | sunting sumber]

Berikut jadwal dekan FH UNDIP dari masa ke masa[12]:

No Nama Dekan Masa Bakti Keterangan
Tahun Mulai Tahun Selesai
1 Drs. Tjioe Sien Kiong 1958 1959 Dekan Pertama
2 Drs. Moch. Djamdjam 1959 1961 -
3 Drs. Soehadi 1961 1965 -
4 Kol dr.Soewondo 1965– 1966 1962 1963 -
5 Drs. Moch. Tasnim 1966 1966 1966 -
6 Prof. Kertonegoro,SH 1966 1967 -
7 Drs. Moch.Djamjam 1967 1968 -
8 Drs.Soehardi 1969 1971 -
9 Drs. Soehardjo 1972 1973 -
10 Drs. Hartowoo 1974 1977 -
11 Drs. Daryono Rahadjo 1978 1979 -
12 Drs. B.Soenadi 1980 1986
13 Prof. Dr. Soewito 1986 1992
14 Prof. Dr. Suyudi Mangunwihardjo 1992 1999
15 Drs. H. Daryono Rahardjo, MM 1999 2002 -
16 Dr. H.M. Chabachib, M.Si.,Akt 2002 2010 -
17 Prof. Drs. H Mohamad Nasir, MSi, Akt, Ph.D 2010 2015
18 Dr. Suharnomo, S.E.,M.Si. 2015 -- Masih Menjabat

Fasilitas Kampus[13][sunting | sunting sumber]

Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Untuk mendukung dengan memperlancar proses belajar membentuk mahasiswa di Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro disediakan jumlah Laboratorium, antara lain: Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Perkantoran, Laboratorium Manajemen, Laboratorium Perpajakan, Laboratorium Perbankan Syariah.

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia[sunting | sunting sumber]

Laboratorium edukasi pasar modal di lingkungan masyarakat dengan mahasiswa dengan pemasokan data benar time, informasi riset, berita, prospektus, informasi finansial dengan bentuk publikasi lainnya.

BI Corner[sunting | sunting sumber]

Fasilitas derma dari Bank Indonesia berupa perpustakaan untuk sarana ceruk baca biar mahasiswa bisa mengakses dengan memperoleh penerangan terkini yang berkualitas di bidang perdagangan dengan finansial dengan kompilasi pustaka yang lengkap.

Fasilitas Bloomberg[sunting | sunting sumber]

Penyedia layanan data, buletin dengan analitika untuk pasar finansial yang up to date/ benar time. Layanan Bloomberg Professional dengan Jasa Media Bloomberg mempersiapkan data keuangan, pasar, harga, perdagangan, berita. Layanan ini bisa digunakan akibat mahasiswa sebagai pencarian data dukung skripsi, tesis dengan disertasi.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan Fakultas Ekonomika dengan Bisnis disediakan untuk mahasiswa dengan dosen dengan kompilasi Buku dalam dengan luar negeri, beragam Laporan Akhir (Skripsi Tesis, Disertasi), Majalah, Jurnal nasional dengan internasional, Surat Kabar, Data Statistik dengan Koleksi lainnya. Perpustakaan FEB UNDIP meliputi Unit S1 Reguler (dua unit), Unit Referensi D3 dengan Unit Perpustakaan Pascasarjana (tiga unit) serta Unit Referensi PPA (Pendidikan Profesi Akuntan) yang lokasinya menjalar di lingkungan Fakultas Ekonomika dengan Bisnis baik dikampus Tembalang maupun daerah Erlangga

Fasilitas Olah Raga[sunting | sunting sumber]

Sebagai pendukung aksi ko kulikuler mahasiswa, Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro mempersiapkan akomodasi olahraga antara lain: Lapangan Basket, Lapangan Volley, Lapangan Futsal, Tenis Meja, Bersepeda, Memancing.

UPK FEB Undip[sunting | sunting sumber]

Unit Pengembangan Komputer Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Universitas Diponegoro (UPK FEB Undip) ada acara dengan aksi yang direncanakan sepenuhnya diarahkan ala pelayanan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomika dengan Bisnis Undip. UPK FEB Undip ada jumlah kompilasi penerangan teknologi dengan komputer yang berkelaluan update ala berkala.

Poliklinik Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Lokasi Poliklinik Mahassiswa UNDIP berada di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) adalah berada di arah timur komplek daerah FEB. Jam pelayanan sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB

Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka menunjang aksi badan kemahasiswaan ala Fakultas Ekonomika dengan Bisnis mendukung sepenuhnya semua aksi yang bersifat positif dengan jalan memberikan dana derma untuk aksi kemahasiswaan lagi aksi kegiatan badan kemahasiswaan yang dilaksanakan dalam wadah Senat Mahasiswa (SEMA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dengan Unit Pelaksana Kegiatan (UPK). Unit Pelaksana Kegiatan (UPK), terdiri dari[14]:

  • LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Edents
  • UPK (Unit Pelaksana Kegiatan) Bola
  • Teater Buih
  • EECC (Economic English Conversation Club)
  • Economic Voice
  • FEPALA (Fakultas Ekonomi Pecinta Alam)
  • KESMES (Kelompok Studi Masalah Ekonomi dengan Sosial)
  • KMW (Kelompok Mahasiswa Wirausaha)
  • KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam)
  • KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal)
  • Mizan
  • PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen Protestan)
  • PRMK (Pelayanan Rohani Mahasiswa Katolik)
  • UPK (Unit Pelaksana Kegiatan) Bola Basket
  • UPK (Unit Pelaksana Kegiatan) Tari
  • KMA (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Akuntansi
  • MSA (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Manajemen
  • HMD IESP (Himpunan Mahasiswa Jurusan) IESP
  • HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Ekonomi Islam
  • HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) DIII Manajemen Perusahaan
  • HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) DIII Akuntansi
  • ECOFINSC (Economic Finance Study Club)

Alumni[sunting | sunting sumber]

[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sekian penjelasan mengenai Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro semoga info ini berfaedah terima kasih

tulisan ini diposting pada kategori sekolah bisnis semarang, sekolah bisnis terbaik di semarang, sekolah bisnis online semarang, , tanggal 03-09-2019, di kutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Fakultas_Ekonomika_dan_Bisnis_Universitas_Diponegoro

Belum ada Komentar untuk "Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Sekolah Bisnis Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel