17 Makanan Khas Semarang Yang Unik, Terkenal, Dan Paling Enak ! Kuliner Cemilan Semarang

17 Makanan Khas Semarang yang Unik, Terkenal, dan Paling Enak !

Hohoho, selamat sore, di kesempatan akan membawakan mengenai kuliner cemilan semarang 17 Makanan Khas Semarang yang Unik, Terkenal, dan Paling Enak ! simak selengkapnya 

Makanan Khas Semarang – Kota Semarang adalah Kota yang berlimpah kulinernya seperti bandeng presto, nasi unggas Semarang, garam asem, lumpia. Kota semarang adalah metropolitan terbanyak ke lima sesudah Jakarta, Surabaya, Medan dengan Bandung.Sebagai salah satu Kota paling berkembang di Pulau Jawa.Kota Semarang lagi memegang beberapa julukan,antara lain: Venetie van Java, The Port of Java dengan Semarang Pesona Asia.

Kota Semarang lagi di sebut Kota Lumpia atas lumpia konsumsi antik Semarang, yang terbuat dari Alkuturasi 2 budaya yaitu budaya Jawa dengan China, Kota Atlas lagi Julukan dari Semarang lho!karena Kota semarang memegang semboyan Kota ATLAS (Aman,Lancar,Asri dengan Sehat), sebagai slogan pemeliharaan keindahan Kota.

Bagi yang traveling ke Semarang,jangan lupa cicipin konsumsi antik Semarang. Rasanya di melindungi gurih dengan mantap. Harganya lagi banyak banyak jadi semua arena orang bisa mencicipi konsumsi antik Kota Semarang ini.Berikut ini adalah konsumsi Khas dari Kota Semarang.

1. Bandeng Presto, Kuliner Khas Semarang

makanan antik semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Bandeng Presto adalah konsumsi Khas dari Kota terbanyak ke Lima yaitu Semarang, Jawa Tengah. Makanan bandeng presto di buat dari lauk -- asin budu bandeng yang afiat dengan dibumbui dengan berambang putih, kunyit dengan garam. Usut kepunyaan usut lauk -- asin budu bandeng presto ditemukan bagi Hanna Budimulya yang lahir di Kota Pati, Jawa Tengah dengan akibatnya menjadi ikon besar Kota Semarang.

Ikan bandeng ini dimasak ala alas daun pisang dengan cara dipresto. Apa yang di maksud presto? Presto adalah cara memasak dengan uap cecair yang betekanan tinggi. Uap cecair yang berada di panci bakal memasak konsumsi yang berada di dalam panci. Karena lauk -- asin budu bandeng populer memegang berlimpah duri, bandeng presto lagi konsumsi yang digemari dengan cara masak presto duri-duri lauk -- asin budu menjadi lunak dengan bisa di makan..

2. Nasi Ayam Semarang

kuliner semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Nasi Ayam adalah konsumsi antik Semarang yang mirip-mirip dengan nasi liwet antik Kota Solo. Nasi unggas berupa sajian nasi bersih yang terasa enak dengan rapuh atas dimasak dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging unggas yang sudah matang, sambal menggoreng menumis labu siam dengan krecek, kenal putih, dengan ovulum pindang laludi kasih dengan kuah santan.

Harga satu bagian dibanderol dengan harga Rp.10.000,-. cukup Rp.15.000,- . cukup banyak kan? ayo buruan cicipin konsumsi antik Semarang.

3. Garang Asem, Masakan Khas Semarang

wisata kuliner semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Garang Asem adalah olahan tradisional dari Kota Semarang yang gurih berisi unggas dengan kuah sntan berbumbu belimbing wuluh dengan cabai.Ayam dengan kuah santan dimasak dengan dimasukkan ke dalam daun pisang dengan ditutup atasannya dengan lidi.

Garang asem diberi nasi yang hangat, tempe goreng, jeroan unggas yang ditusuk seperti sate. Makanan ini siap di restoran dengan alamat di Jalan Gajah Mada. Ayam yang di pakai adalah unggas kampung.

4. Tahu Gimbal

kuliner antik semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Tahu gimbal adalah konsumsi kuliner antik Semarang yang siap kenal goreng, tempe, gimbal, irisan kol dengan disiram sambal kacang. Gimbal adalah lauk -- asin budu udang yang digoreng dengan tepung.Rasanya manis, berbisa dengan lagi gurih. Nyam gurih itu aman rasanya, kuliner ini di Simpang Lima. Harganya cukup banyak yaitu satu bagian seputar Rp.10.000,-.Perut pun terasa kenyang.

5. Soto Bangkong

makanan semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Soto bangkok adalah olahan soto yang ada di Rumah Makan Jalan Brigjen Katamso Semarang. Soto bangkong siap sejak tahun 1950, ialah Perempatan Bangkok. Perbedaan konsumsi khalis Semarang ini adalah kuahnya yang bening walaupun warnanya agak coklat. Soto ini disajikan dengan isian berupa suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun dengan taburan bawah abang dengan berambang putih.

6. Mie Kopyok, Kuliner Khas Semarang

makanan gurih di semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Mie kopyok adalah konsumsi antik yang berasal dari Kota Semarang yang bahannya alas mie yang di tambahkan dengan tetelan daging dengan adendum lauk berupa kenal dengan kemplang gendar diatasnya. Mie kopyok merupakan banyak antik Kota Semarang yang susah di temukan di tempat lain. Mie Kopyok kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

Ayo buruan coba makanannya aman banyak dengan agak-agak gurih sekali. Perut aman terasa cukup dengan memuaskan lidah

7. Babat Gongso

masakan antik semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Nasi Babat Gongso adalah konsumsi Khas Semarang yang wajib saya coba bagi pecinta makanan. Anda bisa menemukannya Nasi Goreng Pak Karmin, di Jln Pemuda(Samping Jembatan Mberok), Semarang. Babat gongso disni kenamaan dengan agak-agak yang gurih dengan khas.

Babat Gongso adalah potongan tebang dengan jeroan, seperti, limpa, ati, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental, manis, dengan pedasnya banyak terasa. Babatnya lagi empuk. Harga satu bagian Rp.20.000,- cukup Rp.25.000,-. Rasanya dijamin memuaskan dengan maknyus.

8. Tahu Petis

jajanan antik semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Tahu terasi adalah konsumsi antik dari Kota Semarang yang kenamaan dengan makananan pedasnya, bahan alas kenal terasi adalah kenal bersih kemudian diisi petis. Untuk melepaskan terasi dalamnya kenal kudu di sayat dulu, tetapi nir- cukup terbelah lalu diisi dengan petis.Tahu yang digunakan adalah kenal bersih dengan tidak terlalu padat. Pada era digoreng, diusahakan kenal kudu kering.

Petis adalah olahan dari sisa enceran perebusan lauk -- asin budu atau udang. Tapi di Semarang siap beberapa yang menggunakan terasi buatan alias bukan terasi khalis melainkan hanya terbuat dari adonan kanji dengan adendum gula dengan diberi tinta cumi agar warnanya hitam. Tapi agak-agak tetep maknyus, enak dengan nikmat.

9. Lumpia, Jajanan Khas Semarang

kuliner semarang banyak hidup
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Lumpia adalah konsumsi yang paling diburu bagi orang-orang yang berkunjung di Kota Semarang. Karena lumpia lagi sebutan Kota Semarang. Tidak sulit buat mencari kudapan lumpia ini. Tempatnya jualan lumpia siap di seputar Simpang Lima Semarang.

Lumpia di semarang kenamaan banyak enak. Lumpia adalah perpadauan rasa celah Tionghoa dengan Indonesia. Biar agak-agak ganduh enak, saya bisa membagikan cili dengan acar asam, jadi agak-agak tidak bakal terlupakan. Lumpia kenamaan di Semarang adalah lumpia mataram di Jalan Mataram dengan Jalan Kedungmundu Raya No.16 Semarang. Harga satu lumpia seputar Rp.9.000,- cukup Rp.12.000,-.

10. Pisang Plenet

kuliner semarang banyak
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Tahu tidak apa itu pisang planet? pisang planet adalah jajanan Khas yang gurih tetapi sekarang sudah renggang ditemukan. Pisang planet adalah pisang kepok membuatnya dengan cara dibakar diatas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok raja atas memegang rasa adun dengan berwarna kuning.

Pisang planet yang dijual di gerobak-gerobak memegang varian rasa, celah lain coklat, keju, dengan nanas. Ada lagi yang hanya ditaburi gula. Pisang planet siap di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dengan pusat jajanan toko Sri Ratu. Waktu buka pisang planet adalah menjelang sore hari hingga tengah malam.harga satu tangkup pisang planet adalah Rp.4.000,-. Murah hidup pokoknya.

11. Tahu Pong

jajanan semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Selain pisang planet, kenal pong lagi konsumsi Khas semarang lho! Tahu pong adalah kenal menggoreng menumis yang renyah dengan gurih. Saat di gigit, kenal pong tidak siap isinya dengan kosong (kopong). Oleh sebab itu,tahu ini dinamakan kenal pong.

Tahu pong gurih disantap era bahang atau hangat. Lalu dikasih terasi yang encer. Ada adendum acar dengan ulekan cili hijau. Rasanya sungguh jadi ketagihan. Harga banyak murah, seporsi cuman Rp.6.000,-.

12. Gandos, Makanan Khas Semarang

kuliner gurih di semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Gandos adalah konsumsi Khas Semarang tapi kurang hangat di telingan orang-orang, atas jajanan ini adalah jajanan tradisional dengan sekarng renggang siap pembuatnya. Makanan ini di buat dari tepung bertih dengan dicampurkan santan lalu diberi garam dengan nantinya bakal dimasukkan ke talam cetakannya.

Nanti adonannya siap dalam loyang, alkisah bakal dimasak dengan api yang banyak panas. Bentuk konsumsi ini miring bilangan dengan taburan gula di sekelilingnya. Di Surabaya menyebutnya konsumsi ini dengan jajan rangin,pancong di Jakarta,badros di Bandung dengan lain-lain. Rasanya banyak gurih, rapuh era di gigit bagi cerat dengan agak-agak manis.

13. Spekoek, Jajanan Semarang Terenak

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Spekoek adalah nama jajan tradisional bernama rangkap legit. Kue dengan ciri antik bermacam-macam coklat dengan kuning yang berlapis-lapis dengan memegang rasa manis sesuai namanya. Makanan ini di Semarang berlimpah sekali produsen yang membuat varian baru rangkap legit. Namanya adalah spekoek punding adalah punding dengan isian irisan spekoek.

14. Kue Moaci, Oleh Oleh Khas Semarang

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Kue moaci adalah jajan antik Semarang dengan bahan alas tepung ketan, gula karamel bercampur bin buat isian, dengan bentuknya bulat. Tempung ketan idendik dengan lengketnya, jajan moaci dilapisi dengan bubuk tepung dengan dikasih alas dari kertas roti.

Lama kelamaan jajan moaci ganduh berkembang dengan pilihan bermacam-macam seperti warna, kuning, hijau, coklat hingga bermacam-macam merah. Isinya lagi ada berlimpah rasa, seperti stroberi, coklat, pandan hingga durian. Ayo buruan coba kuenya!

15. Gudangan, Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Gudangan adalah konsumsi tradisional yang terbuat dari urapan lalap rebus dengan bumbu sambal gundangan adalah parutan kelapa yang berbumbu berambang bersih dengan berambang merah. Pembuatannya siap berlimpah macam sayuran seperti wortel, lalap bayam, daun singkong, kecamba, gubis dengan lain-lain.

Paling enak gundangan di makan bersamaan dengan nasi yang hangat, rasa bisa ditambahkan ovulum rebus, rempeyek.

16. Roti Ganjel Rel, Kue Khas Semarang

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Roti Ganjel Rel adalah mirip dengan jajan gambang. Teksturnya agak jegang dengan padat. Dinamakan jajan ganjel landasan (kereta api) adalah bentuknya yang mirip sama galang landasan (kereta api) kereta api.Roti ganjel landasan (kereta api) adalah sajian wajib dalam acara pawai sebelum bulan Ramadhan.

Sedangkan hari biasa,sedikit sulit mendapatkan jajan gnjel rel. Tapi nir- khawatir, di pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, siap toko yang berjualan jajan ganjel landasan (kereta api) buat oleh-oleh. Harganya seputar Rp.20.000,- per kotak.

17.Wingko Babat

Makanan Khas Semarang
makanan antik semarang / makananoleholeh.com

Wingko tebang adalah salah satu jajanan Khas Semarang yang terkenal. Wingko tebang jajanan tradisional yang terbuat dari bertih ketan dengan kelapa yang di bakar. Rasanya lagi bervariasi seperti, coklat, kelapa muda dengan lain-lain. Wingko tebang pembuatannya dengan bahan alami semua, jadi gurih di lidah.

Harganya banyak terjangkau yaitu cuman Rp.2.000,-. Wisatawan berlimpah yang membeli wingko tebang buat oleh-oleh Khas Semarang. Tempat jualan wingko tebang siap di kawasan Simpang Lima Semarang. Buruan ayo beli. Di melindungi gurih agak-agak dengan memuaskan.

Mudah-mudahan bermanfaat artkikel yang saya ketik ini dengan membawa wawasan buat saya semua. Dan apabila siap kesalahan kata mohon di maafkan.

Makanan Khas Semarang

begitulah pembahasan perihal 17 Makanan Khas Semarang yang Unik, Terkenal, dan Paling Enak ! semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

tulisan ini diposting pada kategori , tanggal 03-09-2019, di kutip dari https://sahabatnesia.com/makanan-khas-semarang/

Belum ada Komentar untuk "17 Makanan Khas Semarang Yang Unik, Terkenal, Dan Paling Enak ! Kuliner Cemilan Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel