AlaMasEdy: BELAJAR JADI BARISTA DI KELAS KOPI NESTCOLOGY Sekolah Barista Semarang

alaMasEdy: BELAJAR JADI BARISTA DI KELAS KOPI NESTCOLOGY

Allow, selamat pagi, di kesempatan akan dibahas tentang sekolah barista semarang alaMasEdy: BELAJAR JADI BARISTA DI KELAS KOPI NESTCOLOGY simak selengkapnya 

Sebenarnya, saya bukan penggemar kopi. Bahkan, saya awam soal kopi. Namun, sejenis itu dengar kabar akan Kelas Kopi dari Kak Fahmi Anhar, entah mengapa saya jadi penasaran buat merasakan sendiri sensasi meracik kahwa di sini. Jadi, tempo ke Semarang jumlah tempo lalu, saya meluangkan waktu mendatangi bar kahwa di lantai dua Nestcology ini.

Nestcology melambangkan sebuah restoran beraksi art deco di Jalan Tambora Nomor 5A, Candisari, Semarang. Begitu berbatas di lobi resto, saya diarahkan ke lantai dua karena memang tujuan saya adalah Kelas Kopi. Kafe masih sepi lantaran baru saja buka. Dua barista yang sedang sibuk mempersiapkan bar, Mbak Ismi dan Mas Bayu, dengan ramah menyapa. 

Interior berkonsep art deco
View di luar jendela pula menarik
Kopi juga bisa bikin hepi

Saya datang pada saat yang tepat. Kelas Kopi dari buka pukul 12.00. Dan, batas pukul 15.00, para barista jadi mengajari pengunjung yang berminat akan kaidah meracik kopi. Mas Bayu juga memperkenalkan alat perkakas giling dan alat perkakas espresso yang digunakan di sini. Jadi, kahwa yang disajikan hari itu adalah kahwa yang digiling hari itu juga. Mereka kerap berburu kahwa batas ke jumlah wilayah di Indonesia lho.

Nah, kalau kita ingin belajar membuatnya sendiri, para barista yang ada bakal mendampingi dan memandu langkah buat langkah berbatas kahwa siap tersaji. Langkah pertama, saya pilih dulu kahwa yang ingin saya pelajari cara pembuatannya. Saya memilih caffe latte. Mbak Ismi lalu mendemonstrasikan dahulu kaidah meraciknya dari awal batas akhir. Selanjutnya, saya diberi kesempatan melakukannya sendiri. Serasa beneran jadi barista karena saya juga diminta memakai apron dan masuk ke balik bar.

Kelas Kopi hanya memanfaatkan kahwa pilihan
Proses penakaran bubuk kopi
Proses pemadatan bubuk kopi

Alat penakar kahwa (portafilter) harus dibersihkan dahulu dengan kain. Bubuk kopi yang telah ditakar kemudian dipadatkan dengan tamper espresso. Untuk memadatkan kopi, pegang gagang tamper dengan jari. Posisikan tangan, lengan, dan siku segaris di atas portafilter lalu melindas ke bawah. Pemadatan bakal lebih maksimal dengan gerakan sedikit memelintir. Setelah dipadatkan, kahwa bakal menjadi lempengan yang disebut puck. Puck yang bagus padatnya meluas sehingga nanti racikan latte juga meluas dan seimbang.

Langkah berikutnya, kunci portafilter ke kepala alat perkakas espresso. Tekan tombol meracik (brew) pada mesin untuk membuat shot. Shot yang afdal berwarna cokelat gelap dengan kekentalan ringan. Ambil cangkir dan shot jadi ditampung. Nah, selanjutnya ini langkah tersulit. Dengan perlahan, tuangkan susu yang telah dipanaskan (di-steam) ke cangkir dengan gerakan sesuai bentuk yang diinginkan seperti angsa, hati, daun, atau yang lain. Mbak Ismi tampak lihai memainkan latte art ini. Giliran saya, bentuknya jadi abstrak.

Pemadatan yang afdal menghasilkan latte yang afdal juga
Harus cekatan saat melatih latte art
Terlihat sangat mudah, tapi sangat sulit buat saya
Angsa cantik di danau caffe latte

Saatnya mecoba sendiri

Di Kelas Kopi ini, kita tidak asal bikin kahwa lho. Mbak Ismi juga menjelaskan satu per satu bahan dan gawai yang dibutuhkan. Mas Bayu yang saat itu menawarkan jasa gambar kami pula sesekali turut memberi penjelasan apa yang kudu dilakukan dan dihindari selama penyeduhan kopi. Misalnya, semua alat yang dipakai kudu steril, takaran dan timing juga kudu pas. Itu salah satu kunci buat kahwa bercita rasa sempurna. 

Rupanya, membayangkan bekerja di sini karena memang punya passion yang awet soal kopi. Tak heran, mereka pula punya wawasan yang luas seputar kopi. Saya kena pendidikan yang tepat soal kahwa dan teknik penyajiannya. Yang amat membuat saya yang awam ini nyaman adalah membayangkan amat bersahabat. Oiya, Kelas Kopi juga membuka kelas private andaikata kita ingin belajar hingga berakhir dan bisa resmi jadi barista.

Beragam varian kopi
Mari ngopi :)
Saya merekomendasikan Kelas Kopi

Banyak lagi varian kahwa yang bisa kita pesan. Kalau mau, kita juga bisa pesan menu-menu hebat dari resto di bawahnya. Kebetulan, Nestcology menyajikan beragam menu buat lunch dan dinner. Ruangannya pula cozy dan punya ambiance yanga asik. Jadi, tidak salah andaikata Kelas Kopi, menurut saya, melambangkan salah satu bar kahwa yang recommended di Semarang. Ingin tahu lebih banyak? Follow saja akun Instagram @kelas.kopi dan @nestcology. (*)

oke detil tentang alaMasEdy: BELAJAR JADI BARISTA DI KELAS KOPI NESTCOLOGY semoga artikel ini menambah wawasan terima kasih

tulisan ini diposting pada kategori , tanggal 03-09-2019, di kutip dari https://www.alamasedy.com/2018/04/belajar-jadi-barista-di-kelas-kopi.html

Belum ada Komentar untuk "AlaMasEdy: BELAJAR JADI BARISTA DI KELAS KOPI NESTCOLOGY Sekolah Barista Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel